Segmentasi
pasar dapat didefinisikan sebagai proses membagi pasar menjadi bagian/bagian
atau irisan/irisan konsumen yang khas yang mempunyai kebutuhan atau sifat yang
sama dan kemudian memilih satu atau lebih segmen yang akan dijadikan
sasaran. Sementara ada pendapat yang menuturkan bahwa Segmentasi
merupakan unsur pertama strategi. Menurut Hermawan Kartajaya dkk (2003) dalam
bukunya Rethinking Marketing segmentasi berarti ‘melihat pasar secara kreatif’.
Segmentasi merupakan seni mengidentifikasikan serta memanfaatkan
peluang-peluang yang muncul di pasar. Segmentasi memungkinkan pemasar
menghindari persaingan langsung. Ini dimungkinkan karena mereka bisa “tampil
beda” dengan kompetitornya, melalui perbedaan harga, corak, kemasan, daya tarik
promosi, cara distribusi dan service memadai.
Selanjutnya
Thompson (2000) menyatakan bahwa tantangan dalam pemasaran adalah untuk
mengidentifikasi pasar potensial yang menguntungkan untuk dilayani karena
jarang sekali satu program pemasaran dapat memuaskan pasar yang heterogen yang
berbeda selera dan karakteristik untuk itu diperlukan segmentasi pasar.
Berdasarkan
pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa segmentasi memiliki peran penting
dalam sebuah perusahaan. Segmentasi tersebut memiliki peran penting karena
beberapa alasan yaitu pemfokusan aloksai sumber daya manusia, penetuan komponen
strategi.
2.2 Tujuan
Segmentasi Pasar
1. Memudahkan
Pembedaan Pasar:
Setiap
produk yang dihasilkan adalah untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
Agar produk tersebut dapat diterima tentunya haruslah sesuai dengan selera
konsumen. Sedangkan dilain pihak dengan keadaan pasar yang heterogen dan selera
konsumen yang selalu berkembang tentunya sulit untuk dapat diikuti oleh
perusahaan secara terus menerus. Dalam hal ini perusahaan akan cenderung
mencari sekelompok konsumen yang sifatnya homogen sehingga lebih mudah untuk
memahami selera konsumen. Dengan demikian pasar lebih mudah dibedakan dengan
kelompok pasar yang lain.
2. Perbaikan
Pelayanan
Dalam
memenuhi kebutuhannya konsumen selalu menginginkan empat hal penting yaitu
kualitas barang yang bagus, harga yang terjangkau serta pelayanan yang baik dan
memuaskan serta ketepatan waktu. Dari keempat hal tersebut yang sangat dominan
adalah perihal pelayanan. Banyak konsumen lari ketempat lain karena masalah
pelayanan. Harga dan kualitas kadang menjadi nomor dua dibanding pelayanan.
3. Strategi
lebih terarah
Dengan
melayani konsumen yang sifatnya homogen maka strategi pemasaran yang
direncanakan dapat lebih mengarah dalam menyusun marketing mix yang meliputi
perencanaan produk, harga, distribusi dan promosinya sehingga menjadi lebih
tajam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar