E-COMMERCE
E-commerce atau bisa disebut Perdagangan
elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran
barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www,
atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana
elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis,
dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan
e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang
berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik,
SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online
(online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction
processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI),
dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian
dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar
perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan
nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga
memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau
surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti
halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
E-commerce pertama kali diperkenalkan pada
tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan
promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester,
perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003.
Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel
online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai
seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan
e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi
dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan
yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan
keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan
Beberapa aplikasi umum yang berhubungan
dengan e-commerce adalah:
* E-mail dan Messaging
* Content Management Systems
* Dokumen, spreadsheet, database
* Akunting dan sistem keuangan
* Informasi pengiriman dan pemesanan
* Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
* Sistem pembayaran domestik dan internasional
* Newsgroup
* On-line Shopping
* Conferencing
* Online Banking
* Content Management Systems
* Dokumen, spreadsheet, database
* Akunting dan sistem keuangan
* Informasi pengiriman dan pemesanan
* Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
* Sistem pembayaran domestik dan internasional
* Newsgroup
* On-line Shopping
* Conferencing
* Online Banking
Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini
antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal. Untuk di Indonesia,
bisa dilihat tradeworld.com, bhineka.com, fastncheap.com, dll.
Faktor
kunci sukses dalam e-commerce
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce
bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya
tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus,
struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan,
desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
- Menyediakan harga kompetitif
- Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
- Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
- Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
- Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
- Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
- Mempermudah kegiatan perdagangan
Masalah
e-commerce
- Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
- Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.
3. Computer – E-Commerce
Mendukung Teknologi – Komputer, Jaringan Komputer, Internet, Konektivitas
Internet
4.
Monday,
March 12th 2012. | Laptop Axioo
5.
E-Commerce
seperti kata menyarankan berarti melakukan bisnis di internet atau on-line.
Ruang lingkup bisnis dapat melibatkan
o menjual barang keras on-line seperti telepon komputer atau sepatu
o menjual barang keras on-line seperti telepon komputer atau sepatu
6.
o
Elektronik barang seperti e-buku musik mp software grafik atau gambar
7.
o
menjual ide atau jasa
8.
Untuk
menjual barang pedagang harus memiliki website atau toko virtual di internet
baginya untuk menjual barang secara on line. Seorang pelanggan prospektif
menemukan situs tersebut membeli barang di atasnya pemilik membayar menggunakan
kartu kredit atau melalui modus lainnya. Merchant menerima pembayaran dan
mengirimkan barang-barang dan mendukung pelanggan. Praktis itu e-commerce dalam
arti yang paling sederhana.
9.
Di
antara mereka transaksi e-commerce adalah sebuah teknologi banyak melibatkan
untuk melaksanakan penjualan. Misalnya pedagang harus merancang dan membangun
sebuah situs web yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman kompleks yang
disebut HTML. Merchant harus mendaftarkan nama domain untuk identitas bisnisnya
di internet. Semua informasi dan produk dari toko on-line nya atau bisnis
dikodekan dan disimpan di komputer server merchant atau diselenggarakan oleh
sebuah perusahaan pihak ketiga web hosting. Agar pelanggan untuk menemukan
situs merchant ia membutuhkan komputer yang pada gilirannya terhubung ke sistem
dikenal sebagai internet baginya untuk dapat mengunjungi situs merchant.
10. Personal Computer dalam hubungannya dengan
E-Commerce
11. Sebuah PC atau Personal Computer adalah
perangkat komputasi atau alat dibangun di sekitar mikroprosesor. Memiliki
banyak bagian yang berbeda – memori hard disk modem dll .. Itu bekerja sama.
Hal ini juga disebut peralatan tujuan umum. Tujuan umum berarti bahwa Anda
dapat melakukan banyak hal yang berbeda dengan komputer. Anda dapat menggunakannya
untuk mengetik dokumen mengirim e-mail menelusuri Web dan bermain game.
12. Pada setiap sendiri komputer dapat digunakan
untuk mempercepat pemrosesan dan penyimpanan informasi seperti pengolah kata.
Hal ini juga dapat dibuat untuk mengirim dan menerima informasi dari komputer
lain. Komputer-komputer ini dapat berbicara dan bertukar informasi satu sama
lain melalui bahasa komputer umum atau protokol. PC adalah yang paling berharga
dan inti teknologi yang dibutuhkan untuk menggerakkan E-Commerce dan Bisnis
Internet.
13. Jaringan Komputer dalam kaitannya dengan
E-Commerce
14. Dua atau beberapa komputer dapat secara fisik
dihubungkan dan dibuat untuk berkomunikasi dengan komputer lain dengan dalam
jaringan lokal LAN . Penggunaan istilah untuk menggambarkan interkoneksi ini
disebut jaringan. Jaringan komputer dapat dibuat baik menggunakan kabel kabel
atau wireless radio jenis koneksi. Biasanya jaringan atau menghubungkan
komputer tunduk pada keterbatasan jangkauan atau jarak karena sinyal dan
kualitas komunikasi akan menurunkan dengan meningkatnya jarak. Jaringan
komputer diterapkan untuk sebagian besar bisnis on-line internet untuk bisnis
E-Commerce efisien dan produktif.
15. Internet dalam kaitannya dengan E-Commerce
16. Internet adalah sistem yang menghubungkan jaringan
komputer. Sistem internet memungkinkan interkoneksi komputer di seluruh dunia.
Hal ini memungkinkan komputer Anda untuk mendapatkan informasi yang tersimpan
dari komputer lain jauh.
17. Protokol TCP / IP atau bahasa ketika komputer
berkomunikasi dalam suatu jaringan mirip dengan yang digunakan di internet.
Itulah sebabnya komputer di seluruh dunia saling memahami meskipun pembuat yang
berbeda dan tempat pembuatan.
18. Banyak komputer di seluruh dunia disimpan
dengan banyak dan banyak informasi. Sistem internet terhubung bersama-sama.
Jika Anda memiliki akses ke Internet Anda dapat membaca mendengar dan melihat
semua informasi ini dari komputer Anda sendiri. Internet adalah semua alasan di
balik keberadaan E-Commerce dan tanpa konektivitas internet maya bisnis on-line
benar-benar akan tidak ada lagi.
19. Telekomunikasi berkaitan dengan E-Commerce
20. Perusahaan telekomunikasi yang mendorong
bisnis internet untuk mencapai konektivitas internet. Tanpa mereka satu tidak
pernah bisa menempatkan bisnis on-line karena hanya perusahaan telekomunikasi
yang mampu menghubungkan jaringan melalui jarak geografis yang sangat luas.
21. Konektivitas dalam kaitannya dengan
E-Commerce
22. Jadi Anda sudah membaca tentang e-commerce
gambaran dan teknologi pendukungnya. Cobalah untuk membayangkan dan
membayangkan bagaimana e-commerce sedang praktek dan betapa pentingnya adalah
mereka teknologi untuk membuatnya mungkin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar